8 Pinjaman Syariah Online Cepat 2021

Pinjaman syariah online OJK langsung cair jadi pilihan saat kita hendak mencari dana tunai cepat. Fintech P2P Lending syariah menjalankan prinsip pinjam meminjam sesuai syariat sehingga tanpa riba. Apapun pilihan kamu entah itu berinvestasi maupun mengajukan pinjaman online tanpa riba. Pastikan hanya memilih layanan Fintech Lending yang telah resmi terdaftar dan berizin OJK.

Pinjaman online tanpa riba sekarang jadi alternatif saat kita ingin memperoleh dana talang tanpa bayar dengan bunga. Namun sebagai penggantinya, fintech syariah umumnya memanfaatkan sistem murabahah dan ijarah untuk mendapatkan keuntungan.

Prinsip ijarah dan murabahah inilah yang mendorong layanan fintech pinjaman syariah online langsung cair tanpa bunga.

Perbedaan mencolok antara pembiayaan syariah dan konvensional terdapat pada keuntungan yang diambil oleh lembaga pembiayaan.

Jika lembaga keuangan konvensional menggunakan suku bunga sebagai keuntungan pemberi pinjaman beda halnya dengan lembaga syariah. Karena lembaga keuangan syariah tidak menerapkan suku bunga melainkan sistem bagi hasil sebagai keuntungan mereka.

Dalam konteks yang kita bahas kali ini fintech syariah bisa kita simpulkan sebagai penyedia pembiayaan online dengan akad syariat dan tidak mengenakan suku bunga kepada penerima manfaat. Sedangkan fintech konvensional biasanya menerapkan biaya dan suku bunga kepada penerima pinjaman online.

Jadi perbedaan antara pinjaman syariah dan konvensional yang paling utama yakni penerapan suku bunga dan bagi hasil.

Nah buat kamu yang lagi cari pinjol tanpa bunga, sangat penting tahu daftar pinjaman syariah online resmi OJK. Selain menghindarkan diri dari riba, mengetahui secara pasti daftar fintech lending syariah resmi juga bisa menghindarkan kamu dari jebakan rentenir online.

Dari pengumuman laman OJK.go.id pada Kamis (4/11/2021), pentarukkp.id telah merangkum 8 pinjaman syariah online resmi berizin OJK yakni adalah:

1. Investree

Yang pertama ada Investree yakni fintech yang telah mengantongi dua layanan pinjol yakni syariah dan konvensional. Sayangnya pembiayaan syariah lewat Investree bukanlah pinjaman tanpa jaminan melainkan menggunakan jaminan berupa invoice financing syariah.

Jika dalam pinjaman online konvensional Investree menawarkan empat layanan pada pembiayaan syariah ada dua pilihan produk. Kedua pembiayaan tersebut yakni pembiayaan usaha syariah dan online seller financing syariah.

Bagi kamu yang sedang mencari pinjaman syariah online resmi OJK Investree layak jadi pilihan tepat agar terhindar dari bunga.

2. Ammana.id

Sebagai pilihan pinjaman syariah online OJK berikutnya kamu bisa pilih Ammana.id. Fintech di bawah PT Ammana Fintech Syariah ini jadi platform pinjol pertama yang mengusung pembiayaan syariah tanpa jaminan.

Ammana menawarkan layanan pembiayaan ibadah haji dengan jangka waktu sampai 3 tahun. Pengajuan pembiayaan antara lain mengisi formulir sebagai borrower lewat aplikasi online. Berikutnya cukup menyertakan syarat dokumen berupa KTP dan KK.

Dari segi legalitas, Ammana telah resmi memperoleh izin dari OJK dengan tingkat keberhasilan bayar 90 hari (saat ini) sebesar 96.01%.

Selain sebagai tempat cari pinjaman, Ammana juga bisa kamu manfaatkan untuk investasi yang aman sebagai Lender. Skema pembiayaan Ammana cukup aman karena salah satu syarat calon peminjam yakni telah terdaftar sebagai anggota mitra keuangan syariah khususnya di lembaga yang sudah punya kerjasama dengan Fintech Ammana.

Dengan kata lain Ammana memberikan pinjaman kepada anggota mitra keuangan syariah atau bahasa bekennya Not Direct Funding.

3. Alami

Fintech Alami merupakan pilihan pinjaman syariah online tanpa riba yang lainnya. Sayangnya pembiayaan dari Alami dikhususkan bagi pemilik usaha baik dalam bentuk CV, PT, maupun Yayasan.

Selain merupakan pemilik usaha dengan badan hukum, syarat pengajuan pinjaman Alami salah satunya ialah tinggal di wilayah jangkauan layanan. Saat ini jangkauan layanan Alami baru meliputi Jabodetabek saja.

Calon peminjam juga harus memastikan bahwa usaha yang ia jalankan sesuai syariat islam dan telah berjalan setidaknya satu tahun.

Berbeda dengan pinjaman online tanpa agunan, untuk pengajuan pembiayaan Alami syariah kamu harus memiliki rekening koran serta laporan keuangan minimal enam bulan.

Di sisi lain, calon peminjam juga wajib memiliki jaminan pribadi atau giro mundur serta jaminan personal.

Pengajuan pinjaman Alami bisa kamu lakukan lewat official website di alamasharia.co.id dengan mendaftarkan diri sebagai borrower.

Alami Sharia memiliki layanan pembiayaan invoice atau anjak piutang dengan limit maksimum sampai 80% dari nilai invoice dengan plafon maksimal Rp 2 miliar. Meski demikian limit kredit yang bisa kamu ajukan maksimal 80% dari nilai invoice.

Contohnya jika usaha kamu memiliki invoice dengan nilai Rp 100 juta maka maksimal limit yang bisa kamu terima adalah Rp 80 juta.

4. Dana Syariah

Jika kamu merupakan pelaku usaha di sektor properti, Dana Syariah bisa jadi pilihan utama pinjaman syariah online tanpa riba. Kamu yang sedang punya proyek jangka pendek, cocok banget memanfaatkan Dana Syariah jika kekurangan modal kerja.

Fintech Dana Syariah adalah peer to peer lending yang mempertemukan antara pencari pinjaman dan pemberi pinjaman. Seperti konsep P2P Lending pada umumnya, untuk mendapatkan pembiayaan kamu harus melakukan penggalangan dana melalui pengajuan proposal atau aplikasi.

Proses pengajuan pinjaman online tanpa riba kamu bisa mulai dengan melakukan pendaftaran lewat aplikasi Dana Syariah. Setelah terdaftar sebagai anggota kamu bisa langsung mengajukan proposal usaha dan menunggu proses verifikasi dari tim Dana Syariah.

Jika proposal usaha kamu mendapatkan persetujuan proses penggalangan dana bakal dilakukan lewat platform Dana Syariah. Kamu bisa mencairkan dana pinjaman jika hasil penggalangan dana telah memenuhi kuota.

Menariknya Dana Syariah memberikan konsep pembayaran cukup mudah. Skema pembayaran tersebut yakni peminjam terlebih dahulu membayar imbal bagi hasil sesuai ketentuan yang berlaku. Baru setelah proyek atau perjanjian berakhir peminjam baru berkewajiban mengembalikan pinjaman.

Keamanan Dana Syariah cukup terjamin karena telah terdaftar sebagai Fintech Lending di bawah pengawasan OJK dengan memperolehnya izin usaha penuh.

5. Duha Syariah – Pinjaman Uang Online Tanpa Bunga

Berikutnya kamu bisa juga memilih fintech Duha Syariah sebagai sumber pembiayaan tanpa riba. Fintech yang satu ini telah mengantongi izin dari OJK dengan nomor surat tanda berizin KEP-32/D.05/2021.

Duha Syariah menawarkan dua jenis pembiayaan yakni pembiayaan untuk kebutuhan perjalanan religi dan konsumtif. kamu bisa mengajukan pinjaman syariah online lewat Duha Syariah dengan proses cepat, aman, dan langsung cair.

Kedua pembiayaan Duha Syariah memiliki perbedaan antara lain maksimum limit kredit pembiayaan konsumtif Rp 20.000.000. Sedangkan limit pembiayaan perjalanan religi seperti umroh dan wisata halal bisa sampai Rp 30.000.000.

Selanjutnya perbedaan juga terdapat pada tenor pembiayaan dimana pembiayaan untuk kebutuhan konsumtif tersedia antara 3-12 bulan. Sedangkan tenor pembiayaan untuk perjalanan religi dan wisata halal bisa sampai 24 bulan.

Pembiayaan online Duha Syariah layak kamu pilih sebagai platform pinjaman tanpa bunga dan riba baik untuk kebutuhan konsumtif maupun perjalanan. Terlebih fintech syariah ini juga cukup transparan dengan dalam menginformasikan biaya kepada penerima manfaat.

6. Qazwa.id

Pinjaman sayariah online berikutnya adalah Qazwa.id. Fintech Lending Syariah ini khusus melayani pembiayaan bagi UMKM. Kamu yang pelaku UMKM yang bergerak di bidang peternakan, produksi, perdagangan, dan sektor lain tidak ada salahnya coba pembiyaan Qazwa saat butuh tambahan modal.

Persyaratan utama jenis usaha yang dapat dibiayai yakni merupakan bisnis sesuai syariat islam. Adapun tenor pembiayaan Qazwa cukup fleksibel antara 1 bulan sampai 6 bulan. Sedangkan untuk syarat pengajuan kamu harus memenuhi kriteria antara lain WNI usia paling rendah 21 tahun.

Selain itu usaha yang kamu jalankan harus sudah berjalan setidaknya satu tahun. Pinjaman online tanpa bunga yang satu ini khusus hanya bisa kamu ajukan untuk kebutuhan modal kerja. Sayangnya saat ini Qazwa baru melayani borrower di wilayah Jabodetabek saja.

Kendati demikian umumnya perusahaan startup bakal mengembangkan layanan ke wilayah lain jika memiliki prospek bisnis yang bagus. Semoga saja layanan Qazwa merambah ke wilayah dan daerah lain ya guys. Biar makin banyak pelaku UMKM yang dapat menikmati pembiayaan tanpa riba.

7. Papitupi Syariah – Pinjaman Online Tanpa Riba

Papitupi Syariah layak kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif baik untuk beli jasa maupun barang. Aplikasi pinjaman syariah online yang telah berizin OJK ini menyediakan dua pilihan layanan.

Pertama ialah Papifund yakni pembiayaan syariah yang bisa dimanfaatkan untuk beli barang dan jasa. Plafon Papifund cukup tinggi bisa sampai Rp 10.000.000.

Sedangkan layanan kedua ialah Papiplafon yakni pembiayaan syariah online yang hanya dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Buat kamu yang berminat mengajukan pinjaman online tanpa bunga lewat Papitupi Syariah maka harus memenuhi kriteria utama. Syarat tersebut antara lain WNI dengan usia minimal 21 tahun atau sudah berkeluarga.

Selain usia, kamu juga harus penuhi syarat lain yakni berstatus sebagai karyawan di perusahaan mitra Papitupi Syariah.

8. Ethis – Pinjaman Online Syariah Langsung Cair

Pinjaman syariah terkahir yang telah mengantongi izin OJK ialah Ethis. Fintech Lending yang satu ini menyediakan layanan pembiayaan khusus bagi pelaku usaha di sektor properti.

Seperti kebanyakan pinjol untuk produktif, Ethis hanya menerima pembiayaan untuk kebutuhan modal kerja saja. Dengan demikian kamu yang tengah mengerjalan proyek bisa coba memanfaatkan Ethis bila butuh tambahan modal.

Tidak hanya itu saja, layanan Ethis berbeda dengan pinjaman online tanpa jaminan karena butuh adanya jaminan bagi calon penerima pembiayaan. Ethis termasuk fintech crowdfunding sehingga proses penggalangan dana membutuhkan durasi yang lebih lama.

Sebagai gambaran saja, proses validasi proposal pengajuan membutuhkan waktu sekitar dua hingga empat minggu. Sedangkan proses penggalangan dana yang diperlukan bisa mencapai 45 hari tergantung dari jumlah pendana yang berani mendanai.

Disamping ketentuan di atas kamu yang hendak mengajukan pembiayaan lewat Ethis juga wajib mendaftarkan diri sekaligus menyertakan data pribadi.

Selanjutnya pengajuan pembiayaan bisa kamu mulai dengan mengisi formulir serta menyertakan dokumen usaha yang diperlukan.

8 Fintech Lending itulah yang saat ini resmi telah berizin OJK. Silakan pilih satu di antaranya saat butuh pinjaman syariah online tanpa riba dan cepat cair. Kendati tanpa bunga, kamu tetap harus memperhatikan besar kecilnya margin yang harus dibayarkan kepada penyedia platform. Demikian ulasan ini semoga bermanfaat, jangan lupa baca informasi lain tentang pinjaman online langsung cair tanpa ribet.

Related Posts

© 2021 PENTARU - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress